2.5.13

Menyapih Kanzie

Aduh, seharusnya ini postingan sebulan lalu. tapi entah kenapa mood menulis nggak ada. jadilah sekarang baru diposting.



Yak tiba saat yang dinanti-nantikan, ketika Kanzie udah 2 tahun yaitu menyapih. Err..nggak juga sih. Saya malah sebenarnya enggan menyapih. Rasanya belum rela kalo bocah itu udah gede. Dulu pas kanzie 1,5 tahun dan saya sudah mulai baca-baca tentang menyapih, saya nanya ke suami. Kalo kanzie mulai dicoba nyapih umur 2,5 tahun aja gimana? Suami dengan tegas menjawab “ mulai belajar menyapih umur 2 tahun pas aja”. Huaha...pusing Bapaknya liat anak udah bisa ngotot tapi masih nenen. Akhirnya sepakat, mulai umur 2 tahun persis, kita belajar menyapih Kanzie.
Ternyata, kita dapat rejeki tak terduga. Pas Kanzie umur 22 bulan baru tau kalo ada calon adiknya. Yah akhirnya mau nggak mau mulai belajar menyapih walau sebenernya nggak rela. Kenapa nggak rela? Banyak sih alasannya. Pertama, karena menyusui Kanzie dulu nggak mudah. ASI nggak keluar sampe beberapa minggu. Dan bener-bener lancar pun setelah 2 bulan. Nggak ada masa-masa ngransemi kalo orang Jawa bilang, karena nggak pernah yang sampe melimpah ruah. Jadi rasanya sayang banget kalo harus menyapih. Kedua, gimana-gimana menyusui itu emang cocok buat Ibu pemalas kayak saya. Anak cranky, tinggal cep. Anak ngantuk tinggal cep langsung tedor. Di perjalanan jauh, tinggal cep tidur sepanjang perjalanan. Bener-bener cuma tinggal buka kancing. Ketiga, menyusui itu adalah satu-satunya momen intens dimana saya dan Kanzie cuma berdua, saling pandang, dan sambil (ibuknya) cerita-cerita. Beneran moment mesra berdua ya ini. Nggak ada yang bisa menginterupsi. Bapaknya maupun Barney sekalipun. Tapi ya itu tadi, mau sampai kapan mau nenen. Nggak salah memang di Al Quran disebutkan menyusui hingga 2 tahun. Karena umur segitu ya emang udah gede, sudah waktunya berhenti mencari kenyamanan di balik nenen. Iya mencari kenyamanan. Karena saya sadar kok, sebenernya Kanzie itu sekarang nenen ke saya ya cuma mencari kenyamanan.
Berbekal keyakinan itulah, mulai mencoba menyapih. Pertama di kendaraan. Jadi gini, Kanzie ini selalu nenen dimanapun dan kapanpun. Di mobil, di motor (iya, bisa. Kan ada baju menyusui), di mall, di tempat makan. Pokoknya dimanapun. Makanya agak sulit buat menyapih dia. Ketika pertama kali melarang nenen di mobil, Kanzie cemberut sepanjang perjalanan. Trus minta pulang dan nggak mau jalan-jalan demi nenen. Udah dibujukin mau naik perosotan tetep nggak mau. Dia bilang, amar (kamar), pulang aja. Tapi kita tetep bujuk-bujuk, sampe akhirnya dia cemberut diem sepanjang perjalanan. Hehehe... Setelah itu, melarang dia nenen di tempat lain selain di rumah. Baik di mall, di rumah Kungnya, diamanapun. Kalo ini sih minim drama, karena gampang ngalihin perhatiannya. Cuma ya itu, klo dia pengen nenen malah bingung ngajakin pulang.
Dua target terpenuhi, selanjutnya nyoba untuk melarang Kanzie nenen dengan free style. Jadi kanzie ini, sama mungkin ya kayak anak seumuran dia. Kalo nenen udah yang jumpalitan, sama tengkurep, jongkok bediri bla-bla bla lah pokoknya. Nah, sekarang Kanzie harus nenen sama tiduran. No freestyle. Hari pertama drama. Nangis sama teriak-teriak. Tapi ya ditega-tegain. Lha gimana lagi kalo nenen sama tengkurep kasian adiknya di perut. Besoknya, udah langsung ngerti. Sip, berarti tahap ketiga terlaksana.
Nah yang keempat ini agak susah. Tidur siang tanpa nenen. Sebenarnya ini udah bisa karena toh kalo saya kerja. Dan kata mbah Nem, Kanzie kalo udah capek main bisa ke kamar sendiri trus tidur. Berarti udah bisa, cuma kalo ada aku udah pasti nggak mau karena Ibu identik dengan nenen. Jadi, tiap istirahat siang saya udah nggak pernah pulang ke rumah. Biar frekuensi nenennya juga berkurang. Trus pas akhir minggu kita coba tidur siang nggak pake nenen. Ketebaklah, drama nggak selesai-selesai. Satu jam nangis teriak, gulung-gulung, marah, histeris. Dan saya si Ibu labil ini nangis ngeliat dia kayak gitu. Gak tau kenapa yang terbayang-bayang adalah ketika dia baru lahir dan ASI saya masih belum keluar. Betapa keras tangisnya. Kanzie yang masih kelaparan sedang ASI sudah nggak menetes. Dulu sampai pernah berdoa sekaligus bilang ke suami kalo bisa menyusui 6 bulan aja aku udah bersyukur. Eh taunya bisa sampai 2 tahun. Jadi ketika Kanzie nangis minta nenen rasanya sedih inget dulu. Tapi mau sampai kapan nenen terus. Seperti yang saya bilang di atas, di Al Quran menyebutkan menyusui 2 tahun pasti ada tujuannya. Lagian alasan utama ya kasian adiknya di perut ini. Diminta berbagi terus sama kakaknya. Akhirnya sifat asli muncul, si Ibu tega. Kanzie meraung-raung 1 jam penuh saya biarin sampai akhirnya tertidur kecapekan. Belajar tidur siang ini yang paling sulit karena cuma dilaksanakan pas weekend (karena hari kerja kan saya nggak ada ). Dan tidur malam pun masih nenen. Jadi seakan-akan aturan belum jelas buat Kanzie. Akhirnya beberapa kali percobaan, tahap keempat terlaksana.
Sekarang waktunya untuk bener-bener total menyapih nggak nenen sama sekali. Rencana kami, ketika Kanzie persis 2 tahun itu waktunya disapih. Karenanya, dari 3 bulan sebelumnya kami berdua sudah bilang ke Kanzie kalau udah ulang tahun nggak boleh nenen. Kalo udah umur 2 udah nggak boleh nenen. Kalo setelah tiup lilin udah nggak boleh nenen. Udah besar dll. Saya ngak tahu sih cara ini efektif atau nggak. Karena Kanzie juga belum ngeh kan apa itu ulang tahun, umur 2 dsb. Tapi, tiap kali ditanya Kanzie kalo ulang tahun terus apa? Ndak nenene! Jawabnya lantang. Kalo abis tiup lilin trus? Nggak nenen!. Gitu. Yah, berarti ada harapan lah ya.
Tiba waktunya, pas ultahnya dia. Malam, kita keluarin kue tar sambil nyanyi. Wajahnya itu..priceless! Kaget, hepi dan malu. Trus kita suruh tiup lilin berkali-kali. Trus kita tanyain Kanzie umur berapa sekarang? Dua jawabnya. Kalo abis tiup lilin kenapa Zie? Ndak nen! Katanya lagi. Pas udah waktunya tidur, aku jelasin kalo nenen itu buat adik bayi. Kanzie udah besar, udah umur dua, udah nggak boleh nenen. Nenennya Ibuk udah sakit, keluar obatnya. Nangis sih, tapi nggak sedrama waktu pertama kali nggak boleh nenen pas tidur siang itu. Minta dielus-elus sampe akhirnya ketiduran. Alhamdulilah. Malamnya bangun bentar, dielus-elus bobok lagi. Besok-besoknya juga gitu. Sempet ada dua malam yang drama nangis keras. Tapi selanjutnya Alhamdulilah lancar. Malam pun kalo kebangun paling cuma minta minum air putih, pipis, tus dielus-elus. Good boy… Cuma yang bikin terenyuh, sekarang Kanzie lebih sering tiba-tiba meluk trus nyium aku. Liat aku lama…trus minta dipeluk sama dicium. Mungkin karena frekuensi berdua-duaan gini agak berkurang ya. Trus kadang tiba-tiba pas lagi tidur-tiduran dia ngomong sendiri “adik ndak nenen. Nenen akit.. elus-elus aja”. Hiks…Makasih ya sayang, sudah mau menyusu ke Ibuk selama 2 tahun penuh. Tanpa sekalipun nursing strike, tanpa sekalipun penolakan. Terima kasih ya Alloh SWT atas kesempatan ini, sehingga saya bisa melaksanakan kewajiban saya menyusui dan memberikan hak anak saya. Dua tahun kamu menyusu, harapan Ibuk, 2 tahun itu cukup menjadi bekal untukmu agar kamu selalu sehat, kuat dan agar kamu selalu ingat dan sayang sama Ibuk. I love u notok njedok putra sulungkuuuu.. :*

PS: Kanzie tetep anak Bapak dan Ibuknya, bukan anak ASI, apalagi anak S1,S2, S3 ASI. Hehe, bukan apa-apa sih, tapi saya nggak pernah suka gelar-gelar buatan semacam itu. Saya bertekad menyusui anak saya, ya karena itu haknya dan karena itu kewajiban saya. Sesederhana itu. Semoga adiknya bisa mendapatkan haknya sama kayak Kanzie. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar