16.4.12

hati hidung

Mau nulis tentang Kanzie 1 tahun nggak sempet-sempet. Nggak terasa tau-tau anak bayi ini udah 1 tahun aja. Klise, tapi memang waktu cepat sekali berlalu. 3 bulan pertama rasanya lamaaa, kok anak ini nggak gede-gede ya. Bisanya cuma mlongo, pup, pipis dan kentut. Eh, tiba-tiba sekarang udah batita. Udah bisa dimintain tolong, disuruh-suruh, udah bisa ngomong kalau mau pup dan pipis, udah bisa nangis dibuat-buat dan yang paling penting udah bisa ngriwuki kalo Bapak Ibuknya lagi dempet-dempetan. Hiks..
Mau nggak mau jadi teringat waktu Kanzie baru lahir. Mukanya sama plek kayak bayi-bayi lain, sampai khawatir ketuker. Tapi begitu liat idungnya, langsung yakin. Yup, ini anakku :D. Ingat gimana kencengnya suara tangisnya, heboh kata suster. Inget pas sudah pulang ke rumah dan melewatkan malam pertama hanya bertiga bersama suami & Kanzie. Waktu itu bingung, ini bayi kalo nangis diapain sih? Nggak ada tombol on-offnya ya? Sampai pas Kanzie tidur suami mencetuskan ide, gimana kalau tidurnya gantian aja. Alasannya takut nggak denger suara tangisannya. Tapi ternyata nggak terbukti. Kami berdua tidur, dan Kanzie baru ngek aja si Ibu baru yang bingungan ini langsung terbangun sampe masang kacatama kebalik. Dan sejak itu menyadari bahwa tidur nyenyak tinggalah impian sampai 25 tahun mendatang :D.


Sebenarnya, membesarkan Kanzie setahun ini jadi terasa mudah karena ada partner yang selalu siap mendampingi. Aku ingat, yang pertama kali bisa menggendong Kanzie adalah suami pas hari pertama. Sedangkan aku? Minta diajarin suami *malu-maluin*. Begitupun yang tau cara make pompa, steril botol. Istrinya tau beres. Makanya begitu cuti suami berakhir, yang mewek aku bukan Kanzie. Begitu pula kalo bangun malam. Suami ikut bangun nggantiin popok Kanzie, jadi aku tinggal buka baju buat nenenin Kanzie dan suami. Begitu udah kerja, aku tinggal mompa di kantor. Yang nyuci botol, mensteril, memindahkan ASIP ke botol kaca, ngasih tanggal dll adalah suami. Sementara aku nyusuin Kanzie. Sampai sekarang pun suami masih nyuciin popok bekas pup Kanzie. Karena ada perjanjian tak tertulis, aku yang bagian membersihkan, suami yang nyuci popok. Makanya suami bahagia kalo pas pup Kanzie pas pake diapers. Indahnya dunia mungkin, haha.... Tapi yang paling penting adalah, suami jadi penyeimbang. Ketika aku sumpek Kanzie lagi nggak mood maem, suami yang bisa sabar ngalihin perhatian Kanzie. Ketika aku dan Kanzie sama-sama ngotot, suami yang jadi penengah kami. Nak, hidungmu boleh aja mirip Ibukmu, tapi hatimu mirip Bapakmu aja ya *rayuan malam Selasa*.
Satu tahun ini kami berdua jadi belajar banyaak hal. Lebih banyak daripada sekolah manapun, lebih banyak dari tempat kerja manapun. Belajar menentukan prioritas, mengorbankan beberapa hal, berkompromi. Belajar bukan hanya tentang dunia parenting, tapi belajar jadi orang yang lebih baik lagi. Meski jauuuuh dari baik, tapi paling tidak, lebih baik dari yang kemarin. Demi Kanzie, biar nggak malu-maluin punya orang tua abal-abal kayak gini.
Semoga kamu terus sehat, soleh cerdas, bahagia, bermanfaat bagi orang lain dan agama ya Nak.
Terima kasih Allah SWT, atas karunia ini
Terima kasih Kanzie, sudah jadi anak yang hebat
Terima kasih bri, sudah suami dan Bapak yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar