23.9.14

Kanzie & Sekolah



Jadi gini, Kanzie ini anaknya lama “panasnya”. Jadi kalo di tempat baru, suasana baru dia butuh waktu untuk menyesuaikan dan menyamankan dirinya. Kalo udah nyaman, dia ya bertingkah kayak di rumah. Teriak, lari-lari, dan ceriwis tanpa henti. Tapi kalo nggak nyaman, dia bakal ngrengek mita pulang atau diem bête. Untuk membuat dia nyaman syaratnya, bebasin dia. Terserah mau main apa. Meski banyak orang dia bakal betah. Kalo dari awal udah disambut heboh, ditanyai-tanyain, di suruh main dll malah nggak betah dia. Ini kayaknya nurun Bapak Ibuknya ya. Bapaknya, di lingkungan baru juga lama panasnya. Kalo Ibuknya, penakut untuk hal baru. Selebihnya juga salah kita berdua sih. Kanzie selama ini keluarnya ya jalan-jalan bertiga atau berempat pas adiknya udah lahir. Kita jaraaang ngajak dia ke rumah sodara/temen kita. Jarang juga ngajak dia ngumpul sama temen-temen kita. Lha wong, kita juga jarang bisa ngumpul sama temen. Jadinya ya, makin betelah dia kalo diajak kumpul banyak orang. Beda kalo diajak ke mall/ taman/ rumah temen saya, tapi ada anak kecilnya. Hepi dia..
Nah, karena itu kita mau nyekolahin Kanzie secara serius. Halah..serius maksudnya, selama ini kanzie udah sekolah di deket tempat Kungnya. Cuma ya sekolah sederhana. Jadi dengan 20an anak, cuma 2 guru yang menghandle. Ostosmastis nggak bisa ditinggal kan? Dan total setahun, Kanzie masuk sekolah paling cuma 10an kali. Ahaha…nggak niat emang. Lha gimana, saya nungguinnya cuma bisa Sabtu. Terus abis lahiran, malah hampir nggak pernah sekolah. Nah makin lama, sosialisasinya dia kurang. Keberaniannya juga kurang. Akhirnya hunting sekolah yang “beneran”. Yang gurunya sanggup kalo anaknya ditinggal. Ketemulah sekolah ini. Awalnya sempet hunting sekolah alam. Karena kanzie ini nggak betah di dalam ruangan, dan kami suka konsep sekolah alam. Kebetulan ada deket rumah. Kanzie seneng sih, banyak binatangnya dan murid boleh ngasih makan. Ada kolam ikan, kandang ayam, burung, lahan buat nanam tanaman. Ada kolam renang juga. Suasananya pun nggak kayak di kelas. Menyenangkanlah. Saya dan suami suka. Tapi pas kita uji coba, ada kejadian yang seketika bikin nggak sreg. Waktu itu pas waktunya renang. Tiba-tiba saya liat, yang mandiin murid abis renang itu guru laki. Bahkan ada murid cewek, t**anjang, dimandiin dan disabunin sama guru laki itu. Ya wis, dari situ langsung mantap nggak milih sekolah itu. Ngeri aja gitu, setelah kejadian heboh (pelecehan di TK internasional), masih ada sekolah yang membiarkan guru pria memandikan murid wanita.
Singkat cerita (singkat apanya, ngoceh aja dari tadi), kanzie akhirnya sekolah di sekolah ini, yang mana dari awal belum punya anak sebenernya saya udah ngelirik sekolah itu.
Pas sekolah pas bulan puasa. Awalnya sudah disugesti, diomongin kalo sekolah berani ya, ibuk nunggu luar. Dia bilangnya berani. Prakteknya nggak mau lah. Trus, sekolah jadwalin masa perkenalan 3 hari, dari 23 Juni - 25 Juni. Itu boleh ditemenin. Ya udah, nemenin kanzie. Seperti diduga, kanzie nempel terus sama Ibuknya. Disuruh senam nggak mau, disuruh solat nggak mau. Nempel pokoknya. Besoknya, pas di kelas aku ngomong ke kamar mandi dia mau. Trus ta tunggu di luar. Dia nggak papa sih. Makan kue, dengerin bu guru, ikut nyanyi balonku, makan bekal kue. Tapi tiba-tiba beresin tempat kue, masukin ke tas, trus bilang ke bu guru “aku kangen sama Ibuk kok”. Huwaaaaaa…Ibuknya terharu, pengen menghambur meluk. Lebay ya? Hehe…
Setelah selesai masa perkenalan 3 hari, minggu pertama masih ditungguin. Trus tanpa direncanakan, saya dan suami ada perlu mendadak ke luar kota keperluan keluarga. Kita bingung, enaknya Kanzie bolos atau nekat ditinggal ntar ditunggu mbah Nem di luar? Pas kita bilang ke gurunya, kata bu guru nggak papa Bu, langsung tinggal aja. Ya udah langsung ninggal. Nangis sih, sampe nendang gurunya. Tapi pas siang kutelpon tampak hepi. Trus cerita banyak. Pas datang, dia seneng cerita kalo nangisnya bentar. Besoknya, pas ditinggal udah nggak nangis. Malah sok cerita kalo temennya nangis.
Alhamdulilah, Ibuk seneng kamu udah berani nak.
Sekarang, udah 2,5 bulan kamu bersekolah. Maaf ya, Ibuk nggak setiap hari biss nemenin kamu, ngantar dan jemput kamu sekolah karena kamu masuknya jam 9 sampai jam 11. Tiap hari kamu naik becak sama Mbah Nem, Mbah Nem nungguin kamu di luar, pulang juga sama Mbah Nem dan becak. Kadang, kalo bisa istirahat awal, ibuk bisa jemput kayak kapan hari, dan kamu di depan kelas teriak dan ngasih tau temenmu “itu Ibukku, Ibuk fanieku!”. Tiap Sabtu Ibuk nganter dan jemput kamu. Kadang Ibuk penasaran, ngintip ke dalam kelas. Ibuk liat kamu lagi ngejar temenmu sambil nakut-nakutin bawa mainan singa. Kadang kamu rebutan mainan. Kadang kamu kejar-kejaran godain Zaki atau digodain Rauf. Kadang kamu nyanyi sendiri. Hihi… Ibuk sukaa liat kamu pas di kelas. Kamu keliatan seneng, meski sama Bu guru kadang ditegur karena lari-lari terus.
Sekarang, kalo di rumah dulu nyuruh beresin mainan lama, sekarang sama nyanyi lagu beres-beres, kamu beresin maianmu. Kapan hari juga kamu nyanyi lagi Bapak Tani dan 12344 yang Ibuk nggak ngerti. Kamu minta Ibuk nyanyi, eh kamu uring-uringan karena Ibuk nggak bias. Jadi ibuk liat di yutub dulu deh baru bias nyanyi kayak lagu yang kamu minta.
Tiap ditanyain, kamu selalu seru cerita sama Noval, Farras, Zaki, Azizi, Alzena, Alisha, Rafi, Rauf. Trus kamu pernah cerita kalo kamu dikasih permen sama anak cantik. Ternyata Akila. Hihi, nggak salah zie, emang Akila cantik banget.
Kayaknya kamu hepi di sekolah. Kalo ditanyain sekolah dimana udah langsung jawab di XXX! kalo ditanya mau di sekolah bintang/ sekolah kemarin? Kamu bilang nggak mau, nggak suka. Dan tebukti kamu seneng sekolah pas kemarin nggak enak badan, kamu Ibuk suruh nggak masuk malah ketawa dan bilang, aku sekolah kok. Bersenang-senang di sekolah ya sayang. Ibuk pengen kamu jadi anak yang soleh, pinter, dan yang nggak kalah penting, ibuk pengen kamu jadi anak yang bahagia.
I love U……………………….

Eh, pas perayaan 17 Agustus, bapak ikut lomba menghias bekal. Nggak mennag sih, tapi seneng kan liat Bapak naik panggung bersama Baakbapak lainnya? Dia cinta kamu zie, sangat ^^

                                               hari pertama orientasi
                                                   lagi doa, ibuk masih ngintip dari luar
                                               seragam baruuu




                                             lomba 17 Agustus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar