18.8.11

A eR Te punye cerite…


ART alias asisten rumah tangga itu nggak akan habisnya mungkin kalau mau dibuat cerita. Apalagi jaman sekarang, dimana nyari ART yang nggak neko-neko itu kayak berharap nemuin duit dolar di selokan. Hampir gak mungkin.
Jaman dulu, waktu aku kecil aku masih sempat mengenal beberapa ART waktu aku sekeluarga masih tinggal di rumah mbah. Kalau mbah dari Bapak, aku mengenal mbok Kat, yu Nar dan Mbak Sri. Mbok Kat ini yang paling lama masa kerjanya. Ketiganya baik, nggak neko-neko. Kalau yang mbah dari ibuk aku mengenal mbok Kaya dan Yu Jum. Nah, bagiku Yu Jum ini juaranya. Waktu itu aku masih TK, yang aku inget aku cinta mati sama Yu Jum ini, ngintilin kemanapun dia pergi. Dia setrika aku tungguin, bahkan aku bantuin (kalau sekarang liat setrika udah panas dingin), setia mendengarkan ceritanya dan impiannya jadi penyanyi kayak nike ardilla sampe nemenin dia pacaran sama loper koran yang bernama Supriyadi.
Dari beberapa ART itu, kayaknya nggak ada yang “ajaib”..Mungkin karena sekarang informasi dan teknologi sudah merajalela, jadinya stok kreatif untuk “ajaib” pun banyak..Ibukku sendiri mulai kami pindah rumah sendiri, nggak pernah punya ART. Waktu pindah aku sudah gede si, kelas 2 SD. Jadi dari kecil aku biasa bawa kunci rumah, pulang sekolah sendirian di rumah kalau pas mas Eyi belum datang. Jadi nggak pernah merasakan tinggal seatap dengan orang lain yang bukan keluarga. Begitupun ketika udah nikah. Mulai menempati rumah suami, kita berdua nggak kepikir untuk cari ART, lha wong cuma berdua. Males masak tinggal beli, males setrika tinggal panggil delivery setrika kiloan, beres! Kelimpungan ketika usia kandungan mulai membesar, mulai berpikir setelah cuti berakhir bukannya harus ada ART untuk ngurus kanzie. Memang si, ketika kami kerja anakku aku titpin ke ortu, tapi alangkah merepotkannya kalau menitipkan anak tanpa ART. Wong usiaku segini aja masih capek ngurus bayi, apalagi ibuk bapakku yang udah sepuh. Akhirnya perburuan ART pun dimulai dari:
  1. Bude
“Dapet” ART ini bener-bener mepet. Hari ini dapet besoknya lahiran. Nggak ada kata yang bisa menggambarkan orang ini selain AJAIB. Bude ini udah berumur 40 tahun, punya 7 anak. Kupikir orangnya nggak neko-neko, ternyata meski udah berumur, tiap hari HP berikut chargernya nggak pernah lepas dari tangan. Selain itu sulit banget dikasih tau dan lancang. Belum 2 minggu kerja udah mau pinjem duit, mau pinjem kendaraan, nyindir minta dikasih tas dan baju buat anaknya. Tapi itu belum seberapa. Yang parah, si bude ini suka cerita kejelekan semua orang yang pernah memperkerjakan dia dan tetanga-tetengganya. Hadohh…itu alasan yang membuat aku nggak betah cuti di rumah. Sumpek ngedengerinnya.
2. Mbak Ning
Mbak yang satu ini aku dapat ketika si bude masih ada, karena terlanjur nggak betah sama bude dan memang butuh ART yang nginep dan mau masak (si bude ini nggak mau masak sama sekali). Kalau soal hp, mbak ning ini setali tiga uang sama bude, kembar siam sama hp. Jam setengah 7 malam habis makan di depan TV, dia udah naek ke atas ke kamarnya tidur, karena tiap tengah malam telpon berjam-jam (dari ruang tengah kedengeran karena mbak ning ini agak budi, jadi suaranya stereo). Tapi walaupun gitu, aku dan suami cocok banget sama mbak ning. Kalau dikasih tau nurut, nggak sok teu dan telaten sama kanzie. Nggak lancang dan nggak suka ngegosip (meskipun aku dan ibuk sering jadi tempat curhat masalah percintannya). Tapi minggu kemarin dia mendadak minta berhenti, katanya anaknya sakit nggak ada yang ngerawat. Tapi pas ditanya-tanyain keliatan boongnya, dan sepertinya mau nikah. Ya sudahlah, meskipun sempet kesel karena kelimpungan ditinggal mendadak. Eh kemarin mbak ning telpon dan dengan santainya bilang minggu sore mau ke rumah. Pas kutanya mau ngapain jawabnya “ya mau kerja mbak, emange mbak udah punya gantinya?” Oouw..kerjo melok mbahmuu!!. Daripada makan ati, ditinggal seenak udelnya, lagian juga udah dapat mbah nem, kutolak sajah..
  1. Mbah Nem
Dapet mbah ini sehari setelah kepergian mbak ning. Ibuk yang dapet dari murid ngajinya. Begitu lihat si mbah ini lumayan kaget karena penampakannnya “mbah-mbah banget”. Ke kanzie sayang, telaten. Tapi ya itu, agak sulit menerapkan cara kami berdua mendidik kanzie. Si mbah ini maunya nggendong kanzie mlulu, tiap mau tidur digendong. Pas aku bilangin “Mbah jangan dibiasin nggendong. Soalnya saya cuma bertiga sama adik di rumah. Kalau saya capek pulang kerja adik nanti nggak bisa tidur kalau nggak digendong. Waktu dibilangin gitu wajahnya kayak nggak rela. Eh bener, siang istirahat pulang bilang “dek..mbah nggak gendong ya, nanti dimarahi ibuk kalau nggendong” atau “ kasian, tole nggak tidur-tidur nggak digendong”. Itu dilakukan tiap hari sambil ngelirik sebel ke aku. Hihhi, mungkin dipikir beliau aku ibu yang kejaaam.

Yah, semoga daftar ini nggak semakin bertambah panjang. Meskipun sebenarnya pengen sih punya ART (lagi) yang nginep di rumah kami biar bisa sekalian masak dan beresin rumah, karena si mbah ini kerjanya office hour (dari senin-jumat jam setengah 8 sampe jam 4). Tapi takut ntar pergi lagi, bingung lagi cari yang ngebantu ngerawat kanzie, si kanzie juga kasian bingung penyesuaian lagi. Jadi sementara ini bertahan dan belajar bertiga aja sama kanzie. Pagi bangun tidur suami cuci popok, pulang kerja aku setrika popok atau sebaliknya. Masakan lewat catering, bersih-bersih ala kadarnya yang penting kamar tidur selalu bersih, cuci pakaian tinggal nyemplungin sebelum tidur paginya tinggal ngejemur, seluruh rumah baru dibersiin kalau weekend tiba. Kalau setrikaan baju kami berdua…err, semoga dengan diliat aja bisa licin dengan sendirinya :D. Capek iya, kasian ke kanzie juga iya karena waktu kami maen sama dia agak berkurang. Alhamdulilah sampe saat ini kanzie nggak menyusahkan. Kalau malem tidurnya jam 8 malam – 6 pagi, bangun tidur cuma buat nenen (thanks to clodi) dan kalau ditinggal ngerjain pekerjaan rumah juga anteng. Semoga aja terus seperti itu. Tapi apapun itu, dengan ART ataupun tanpa ART di rumah kami, semoga itu yang terbaik buat si sukro.. Supangat demi Sukro!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar