1.2.13

Dibalik Nggak Sempat



Kalo dipikir-pikir ketika saya bilang nggak sempat kebanyakan bukan karena beneran nggak sempat. Tapi karena malas. Atau karena emang nggak niat-niat banget. Atau karena nggak mau nyempetin. Contohnya ketika saya udah jaraaang ngaji setelah punya anak. Alasannya karena “mana sempat, kan ada bayi yang masih nenen terus. Ntar aja lah kalo udah punya ART nginep, pasti ngaji tiap hari”. Ketika punya ART nginep, alasannya beda lagi “ya nggak bisa, kan kanzie nyariin saya, blabla..”. Ketika sudah nggak ada ART nginep “ya waktunya kan untuk beresin rumah, main sama kanzie”. Padahal ya, rumah juga tetep kotor dan kanzie juga sering liat Barney sendirian. Ternyata juga bisa liat acara TV atau baca buku lebih dari ½ jam pas kanzie tidur. Tapi “nggak sempet” untuk ngaji. Lihat? Banyak alasan untuk bilang nggak sempat padahal sebenernya bisa. Padahal ketika keadaan memaksa misal ketika ada masalah atau lagi ada yang sakit bisa lho tiba-tiba doa lama dan ngaji (nggilaninya saya, baru doa lama kalau ada masalah atau keinginan). Jadi sebenernya sempet cuma sayanya aja yang males.
Atau misal ketika ada kerabat/temen yang habis melahirkan atau lagi sakit. Biasanya alasan saya pada diri sendiri “ ah nggak sempet, kan pulang kantor sore bla..bla”. Apalgi kalo jenguk orang sakit alasannya bisa panjang. Karena nggak bisa ngajak kanzie, kanzie nggak ada yang jaga dll. Padahal kalo dipikir, wong kencan sama suami aja bisa nitip ke Mbah Nem. Atau pulang kantor juga bisa karena Mbah Nem masih di rumah. Ya bisa sebenernya cuma saya yang banyak alasan.
Apalagi soal silatuhrahmi. Beh, saya ini juaranya. Juara males maksudnya. Bahkan keliling ke rumah sodara di Malang yang puluhan banyaknya ketika moment lebaran aja sederet alasannya “ngapain harus ke rumahnya, kan udah ketemu di rumahnya ini? Kan masih banyak yang belum dikunjungi? Kan masih mudik ke luar kota, kan cutiku cuma 5 hari dll”.  Dan sukses ditohok sama Bapak dengan bilang “terakhir kali kerumah sodara X kapan? Setahun lalu kan? Setaun pisan mosok gak iso sambang fan?” Wokeh, mak jleb. Hehe.. Dateng PKK apalagi malesnya luar biasa. Meski cuma 1 jam, tapi adaaaa aja alasan nggak sempet, yang kanzie masih kelonlah, setrikaan numpuklah, sabtu itu acara keluarlah, dll. Padahal saya juga sadar sih, silahturahmi itu gimana-gimana ya penting. Tapi ya itu tadi kakean alasan. Hahaha..

Begitupun soal olahraga. Dulu sempet 1 bulan ikut yoga. Habis itu berhenti karena hamil. Okelah masuk akal. Abis melahirkan, ga mau yoga lagi karena repot punya bayi. Kalo itu sih ada benernya. Tapi sebenernya kan bisa diganti dengan senam di rumah atau jalan pagi yang waktunya lebih fleksibel. Ya aslinya emang nggak niat-niat amat untuk olahraga. Jadinya segala hal bisa dijadiin alasan nggak sempet. Sekali lagi, kakean alasan.

Kesimpulannya, ketika saya bilang nggak sempet itu kebanyakan alasan aja. Karena sebenernya bisa sih disempet-sempetin. Lha wong bukan syahrini yang punya jadwal padat atau yang ibuibu punya 4 anak kecil. Tapi nulis ini juga bukan karena jadi sadar trus jadi rajin ngelakuin hal-hal yang alasannya nggak sempet itu tadi. Tapi sedang mikir, enaknya kalo lagi males nggak bisa, alasan yang lebih masuk akal dan kerenan dikit apa ya? hehehe..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar