15.5.13

Terrible TWO



Lagi-lagi, kayak postingan menyapih, ini juga postingan telat yang udah berminggu-minggu di draft. Pernah denger kan kalau umur 2 tahun adalah fase terible two, dimana anak sedang proses belajar tentang ego. Belajar nunjukin ke orang tua ke “aku-annya”. Dan itu berlangsung kira-kira sampai umur 4 tahun. Nah, menjelang umur 2 tahun ini si Kanzie tingkah lakunya semakin luwar biasah.
Keinginannya sendiri
Sudah mulai memberontak, membantah dan menyatakan keinginannya sendiri. Dimulai dari beberapa bulan yang lalu ketika dia hanya mau pakai baju bergambar angry bird. Waktu itu masih mau dibujukin pakai baju lain asalkan bergambar. Sekarang? Bahkan baju rumah, celana, sampai celana dalam pun mau milih sendiri. Pilihanya random, nggak selalu gambar kartun. Yang jelas pokoknya bukan yang dipilihkan bapak/ibuknya. Kalo dingin malah milih baju kutung, panas-panas malah pengen makai baju lengan panjang. Disodorin angry bird nggak mau malah pingin pakai baju nggak bergambar. Begitupun urusan sepatu. Jadi tiap kali habis mandi atau mau keluar isi lemari selalu diacak-acak Kanzie. Dia milih sendiri bajunya. Sekarang yang terbaru, malam pun udah nggak mau pakai popok. Katanya buat anak kecil. Jadilah Ibuk Bapaknya tengah malam ngantuk-ngantuk maksa dia pipis. Dan tetep loh, dia ngantuk gitu ngotot nggak mau pipis. Sampe dibelain nangis meraung-raung. Dan si bocah ini kalo udah ngotot beneran bisa nggak pipis. Meski kebelet. Udah dilepas paksa celananya, ke kamar mandi tetep nggak mau pipis. Ditungguin 15 menit di kamar mandi, tetep nggak pipis sambil nangis bilang “ndak pipis!”. Ibuknya menyerah, balik ke kamar, 3 menit kemudian ngompol di kasur. Bagussssss….
Sekarang juga udah mulai sulit dimintain tolong. Kalo dulu, Kanzie suka sekali disuruh ngambil remote lah, tissue lah, buang sampah lah, naruh baju kotor lah *haha, iya bapak-ibuknya oportunis emang*. Sekarang? Kalo dimintain tolong “zie, tolong ambilin tisue dong”. Jawabnya singkat “emoh” sambil berlalu. *jitak*.
Kepemilikan
Kalo dulu, mainannya dipinjem masih santai. Sekarang? Ada yang pegang mainannya ngamuk. Kecuali temen yang tiap hari ketemu kayak si Dave Sepupunya, Mas Danis dari Surabaya kalo ke Malang pun dia hepi karena ada temen main.. Sekarang kalo ada Mas Danis, bukannya rukun berdua kayak dulu malah tengkar rebutan mainan. Si bayik ini juga nggak mau kalah, rebutan sampe saling pukul dan malah Mas Danis yang nangis. Duh.. ini yang bikin tergoda buat nyekolahin dia buat belajar bersosialisasi.
Separation anxiety
Kanzie ini emang dari dulu anak yang lengkeeet banget sama saya. Pokoknya kalau saya ada, Bapaknya, mbah Nem, nggak laku lah. Yah saya sih agak seneng. Berarti ketakutan anak nggak deket sama saya karena saya tinggal keja nggak terbukti dong ya. Tapi, ada kalanya juga risih. Ya gimanapun, capek kan kalau segala sesuatu harus sama saya. Dulu, parahlah pokoknya. Digendong Bapaknya pas di mall nggak mau. Harus saya. Ditinggal masak di dapur, padahal dari kamar juga kelaitan nangisnya kayak dinggal ke Arab. Belum lagi kalo saya mandi. Gedor-gedor pintu lah dia. Apalagi kalo saya pergi ke pasar. Beuh, jeritannya udah kayak dipukulin. Tapi semakin gede, sudah semakin berkurang kelengketannya sama saya. Kalo sepulang kerja sih masih heboh menyambut dan ngintilin saya. Tapi setidaknya kalo saya tinggal ke dapur, sholat, mandi udah nggak nangis nyariin. Nah, semenjak mulai disapih ini saya ngerasanya kelengketan Kanzie semakin parah. Bener-bener nggak mau saya tinggal. Saya mandi? Tentu saja nangis heboh sambil gedor-gedor dan berusaha buka pintu. Malah tampaknya semakin parah dibanding pas kecil dulu karena sekarang apa-apa mau sama saya. Maem, main bola, mandi, pake baju, ngebersihin pup (meski ada Mbah Nem, huiks), bahkan ngambilin minum aja harus saya. Tapi selengket-lengketnya dulu, nggak pernah nangis pas ditingal kerja. Selalu dadah-dadah, salim. Nah sekarang, kalo pagi, dia bilang Bapak kerja, Ibuk ndak. Buk ini (sini) aja. Langsung pengen nganti baju rumah dan kelonan sama si bocah L
Apa-apa mau sendiri
Nih, si bayik ini sok tau sekali. Pake baju maunya sendiri. Biarpun pake celana udah bisa, tapi pake celana dalemnya salah. Yang kebalik lah, yang kakinya cuma satu yang masuk lah. Tapi ya sok tau, nggak mau dibenerin. Dikasih tau yang bener malah bilang “ni lho,bener!”. Hih..sok tau! Mandi maunya sabunan sendiri. Sikat gigi juga gitu, maunya sendiri Yang berakibat lebih lamaa dan nggak beres. Tapi ya gimana, si bocah maunya gitu. Dan katanya, proses belajarnya juga kan. Jadi sebagai Ibu oportunis, dikala dia udah disabunin, keramas, bilas, tinggalin aja di bak biar dia main sabun dan sikat gigi. Si Ibuk ini bisa beberes di dapur atau malah memanfaatkan liat gosip di tivi. Tinggal bilang ke Kanzie “ Zie, kalo udah mandi, sikat gigi, panggil Ibuk ya”. 10 menit kemudian teriakan Buk…angkat dari bak deh :D
Tantrum
Akhir-akhir ini, hampir tiap hari (apalagi waktu awal-awal penyapihan dulu), saya bertengkar sama Kanzie. Saya dan Bapaknya ngotot, anaknya apalagi. Malam-malam habis pipis nggak mau pake baju. Telanjang bulet sama liat Barney, baca buku atau main bola. Dipaksa pake baju, nangis-nangis nggak karuan. Begitupun kalo malem. Dibilangin udah cukup nonton Barney, malah nangis teriak-teriak. Jam 11 malam ngotot nggak mau tidur malah ngambil tangga naik almari. Disuruh turun nangis jejeritan. Bahkan nih ya, botol susu aja milih. Harus yang gambar jerapah/singa/yang tinggi/yang ijo. Kalo botol yang dipengenin lagi ducuci, ya ngamuk nggak mau minum susu. Pokoknya segalanya dibuat drama dan tantrum sama Kanzie. Sampe kadang jengah kalo pagi ditanyain sama tetangga “ kenapa Kanzie kemarin rewel?”. Ya abis gimana, nggak mungkin juga tiap keinginannya Kanzie saya turutin hanya karena biar dia nggak nangis. Kalo nggak mau pake baju kadang saya biarin aja, asalkan nggak keluar rumah. Paling 20 menit juga dia pake celana sendiri, atau minta dipakein baju. Ya itu, intinya Kanzie itu cuma pengen nunjukin bahwa dia juga punya keinginan. Bahwa dia juga punya pendirian. Makanya adakalanya hal-hal yang sekiranya nggak membahayakan saya biarin aja. Kayak sikat gigi sendiri, emang nggak bersih tapi ya sudahlah. Tapi kalo kayak maunya nonton teve terus, malem-malem masih manjat-manjat almari, mainan kompor, kan nggak mungkin kita turutin akhirnya ya itu tadi, sama-sama ngotot berujung si bocah ini nangis bak orang dipukuli. Kalo sudah gitu, saya dan suami harus berpegang teguh sama aturan. Nggak bisa dia nangis diturutin. Entar dipake buat senjata bahwa kalo nangis ortunya pasti nyerah. Hasilnya, Kanzie sudah mulai paham batasan-batasan mana yang kita beneran serius bilang enggak, mana yang masih bisa ditolerir. Meski harus memekakkan telinga tetangga karena tangisan hebohnya, dan paginya kita mesti menulikan telinga kita pas denger komentar “kok Kanzie sekang rewel? Kenapa sih kalo malem mesti nangis?”.

Terus terang, saya juga pengen Kanzie ini lagsung manut apa yang saya dan suami bilang. Suruh mandi ya langsung mandi, suruh pake baju ya pake baju. Nggak boleh manjat ya diem dll. Alangkah mudah dan nyamannya hidup. Tapi tiba-tiba saya teringat kalimat di Ayah Edy “Mau anak penurut? Yang gedenya cuma mau disuruh-suruh orang, atau anak pemberontak yang berarti dia punya pendirian, dan tau apa maunya dia?” Tapi waktu baca itu, saya mikirnya ntar kalo Kanzie udah SD. Bukan masih 2 tahun gini dan belum bisa diajak nego. Ah, apapun itu saya nikmati ajalah prosesnya. Memang sedang masanya dia. Ditambah dengan penyesuaian disapih yang mana selama 2 tahun penuh dia menyusu, eh, tau-tau udah nggak boleh. Pasti sulit kan. Juga, ibuknya ini kadang kecapekan karena hamil. Belum lagi habis ini kalo adiknya lahir yang ostosmastis perhatian orangtuanya terbagi. Jadi Zie, kita sama-sama belajar ya Le. Kamu belajar bahwa nggak semua keinginanmu bisa dipenuhi. Dan terutama, Ibuk Bapakmu ini harus belajar sabar sabar dan sabar.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar