29.8.14

Perihal Mandi


Jadi gini, seperti yang saya tulis di sini, Kanzie itu suliiit sekali disuruh mandi. Ada aja alasannya. Yang masih ngantuk, mau sepedaan, mau nonton film, cuma pipis tok dsb dsb. Entah mirip siapa :p. Pokoknya tiap mandi kira-kira begini kejadiannya:

·         Ayo zie mandi
Nggak mauuuuu….
Mandi itu biar kuman ilang, biar enak badannya
Mandi itu kumannya nggak ilang. Kalo nggak mandi ilang kumannya

·         Ayo mandi,
Nggak mau
mau kotor aja kayak kucing di luar?
Enggak. Aku nggak mau kayak kucing.
Makanya ayo mandi
Aku tapi nggak mau mandi
Ya yampun, tinggal disiram, sabunan. Bentar tok aja lo zie. Apa susahnya si mandi?
*tiba-tiba suami lari ambil bawa kaca*
Tapi aku nggak mauuu
Ya udah, nggak usah mandi. Biar bau aja. Biar nggak seger badannya
Enggak! Nggak mandi itu nggak bau. Kalo mandi itu bau!!

·         Aku nggak mau mandi. Pipis tok aja
Kalo nggak mandi ntar bau. Trus nanti temen-temenmu di sekolah nanya? Ini bau apa ya? Oh baunya kanzie nggak mandi. Ih.. Maluu
*mikir”
Mau badannya bau?
Enggak
Ayo, mandi biar baunya ilang.
Tapi aku nggak mau mandi. Nggak mandi aj, nggak bau kok!


·         Yuk, mandi sama adik.
Akunggak mau mandi
Ya wis, adiknya duluan ya
Diem
Zie, ini lo adik udah mau nyemplung. Ayo, cepetan adik udah mau selesai
Diem
Wis ya, adiknya udah mau selesai. Mau nyemplung nggak?
Diem
*Pas adiknya udah dianduki*
Aku mau madi sama adik…adik mandi lagi, nyebur lagi

·         Kita mandi yuk, biar seger. Ompolnya dibersiin dulu
Dibersiin tok, nggak mandi
Ya mandi, biar bersih
Enggak, dibersihin tok. Iya, gitu ibuk jawabnya. Ojok enggak. Dibersihin tok ya? Nggak mandi.
Enggak, mandi nak.
bukan gitu. Iya nggak mandi. Gitu caranya
*kayang 100x*

·         Daripada kamu buat ngrengek, dari tadi mandi kan udah selesai zie
*Diem*
ayo, mandi. Baru nonton TV
Aku mau nonton tv
Mandi dulu trus nonton
Enggak, yang bener itu, nonton tv nggak usah mandi. Gitu caranya.
Enggak, mandi dulu
Ibuk kok nggak manut se sama aku?
*jambak rambut sendiri* frustasi

Begitu terus setiap hari
Nah, karena pagi saya keburu berangkat. Dan sebelum berangkat Kanzie harus sudah saya mandiin dan suapin, otomatis tiap pagi harus adu ngotot sama ni bocah. Nah di sekolahnya Kanzie kan ada buku penghubung. Di situ dicatat tiap hari dia ngapain aja. Tiap hari ortu diminta paraf, dan boleh nulis tanggapan/saran. Akhirnya nyoba nulis minta tolong ke gurunya biar kanzie diberi pengertian kalo sekolah itu harus mandi dulu, semua temennya juga mandi. Ya, siaap tau nasehat gurunya malah mau didengerin.
Besoknya, tiba-tiba kanzie cerita:
Aku tadi ditanyain bu guru “siapa kalo pagi nggak mau mandi?”
Trus aku bilang saya! Trus katanya bu guru, kalo bangun tidur harus mandi, gitu.
Oh.. * takjub, kok nggak malu ya dia ngaku nggak mandi?* Iya, habis ini kalo mandi nggak pake rewel ya?
Iya
Biar nggak bau, biar kumannya?
Ilang. Biar nggak sakit badannya
Pinter, janji ya?
Iya. Janji

Besoknya? Bangun tidur, diajak pipis dan mandi mulai protes. Tapi pas dikasih tau, habis ini sekolah jawabannya:
Hari ini sekolah ya?
Iya, kan ini senin
Iya, aku mandi!!

Huahaha… makasih ya bu guru. Tapi, apakah ini akan berlangsung lama? Semoga ya, tapi beberapa hari ini ada gejala menuju penolakan lagi.
Hari jumat, pas sekolahnya libur:
Ayo zie, mandi dulu.
Aku hari ini sekolah?
Enggak jumat kan libur
Mandinya nanti aja

Atau sore kemarin:
Ayo zie, mandi kan sudah sepedaan. Dave juga udah pulang mandi.
Enggak mau, kalo bangun tidur aja mandi!
Ya tadi siang kan udah bangun tidur . trus kamu main kan? Sekarang mandinya
Enggak, nggak sekarang. Besok besok aja
*15 menit kemudian terdengar rengekan dan tangisan bocah karena nggak direken ibuknya*

Hua…karma ini karmaaa….


PS: yang lucu, kapan hari badan saya gatal-gatal. Eh, di nyeletuk: “ ibuk kok gatel-gatel, nggak pernah mandi ya?”  *tau aja zie :p*
Besoknya, kakinya dia gatel trus bilang: kok aku gatel-gatel? Aku pernah mandi kan!.Hihi….
PSS: gimana ya caranya biar dia sukarela mandi? Sudah dibeliin mainan buat di kamar mandi, kayak pancingan, huruf-huruf, kamar mandi udah dikasih stiker hewan, udah dibujuk mandiin mainan hewannya, mandi bareng adiknya, tetep nggak berhasil. Any idea?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar