31.7.15

Lebaran dan Liburan 2015



Lebaran kali ini, tahun kedua formasi berempat. Setelah 2 tahun nggak mudik ke Lumajang, tahun ini udah nggak ada alasan lagi untuk nggak mudik. Hahahah… Karena kakaknya dio pulang dulu ke Malang, diputuskan lebaran dulu di malang 1hari, trus besoknya cus ke Lumajang.
Hari -1 (16 Juli)
Rewang sudah libur, saatnya beresin rumah. Siang, Kakak ipar bersama 2 jagoannya datang. Kalo empat cucu Kung Kus ini ngumpul, heboh dan dijamin porak poranda. Cowok semua,usianya 8 tahun, 4 tahun, 2 tahun, dan 1,5 tahun. Sampe malam main ga berhenti-berhenti.  Yang satu dimasukin kamar biar tidur, yang lain teriak nyariin. Begitu terus nggak berhenti. Hauahhaha…seru. Bapak ibuknya karena pusing, cukup di depan TV, ngopi sambil ngobrol berempat. Padahal anaknya kleleran. Ada yang kejar-kejaran pake sapu dan penebah, ada yang bawa tongkat pukul-pukul TV, ada yang nyeret kursi entah mau ngapain. Super seru… para orangtua baru bertindak kalau sudah ada yang nangis.
Hari H (17 Juli)
Karena malam takbiran para bocah ini tidur sampe jam 11 *kayang*. Besoknya, jelas alot dibangunin. Akhirnya cuma Danis dan Kanzie yang solat sama para Ayah. Saya dan mbak ipar nunggu para bayi yang masih tidur. Pas berangkat solat, Kanzie mau dipakein baju muslim. Selesai solat bukan Kanzielah kalo nggak ada drama. Marah minta dilepas katanya panas. Padahal sekolah pake baju itu juga nggak masalah. Difoto pun susaaaah. Katanya “aku capek kalo foto! Aku nggak mau!”. Hiks..hiks…jadi inget, dulu pas kecil paling susah kalo difoto. Oalah genetik..genetikkk. Akhirnya demi keegoisan Ibunya yang pingin foto keluarga, disogoklah pake mainan lego spiderman yang memang disimpen untuk keadaan darurat. Si bocah tentu senang, lha wong aturannya beli mainan nunggu kalo dapat bintang 10 kan. Dengan lego, alhamdulilah bisa foto berempat meski si mbarep tetap nggak ikhlas.




Keliling rumah tetangga sebentar, trus Kakak ipar ke rumah bapak, saya berempat ke makam Ibu. Habis itu ke Otet dan Kung Fakih. Sungkem, maem, dan ada mas Eyi sekeluarga juga. Berangkat ke rumah sodara, ngumpul rame-rame disana. Nggak sesuai rencana, karena suami nggak bisa masuk ke dalam. Kanzie tidur di mobil. Si adek tidur juga di dalem rumah sodara. Lengkap. Sampe akhir pulang mereka nggak ngerti apa-apa. Oalah nak... kecapekan malamnya kali ya.  Pulang, suami Jumatan di jalan. Trus lanjut ngumpul di rumah Bapak mertua.  Malamnya, makan di monopoli suhat, yang mana si Kodir lempar lempar sandal, berdua lari-lari panjat-panjat kursi nggak karuan. Yang liat sampe kecapekan Nak. Seperti biasa, para bocah tidur jam 11 malam *gerus CTM*

H+1 (18 Juli)


Bangun pagi, nyiapin bekal anak-anak, mandi. Jam 6 berangkat ke Lumajang iring-iringan sama kakak ipar. Anak 2 saya angkut aja tanpa mandi dan sarapan. Nggak ada yang bangun, sampe Probolinggo. Para bocah terhibur karena nyampe probolinggo, ada yang jual topeng power ranger 5rebuan. Dibeliin, langsung pada semangat. Disana ke rumah sodara, sarapan ketupat, nyuapin bocah, ngabisin kastengel. Trus lanjut keliling lagi ke rumah sodara. Cus ke Lumajang jam 12an. Kanzie, rewel, bolak balik bilang ayo Buk, ke Lumajang…ayoo. Si Ibuk mikir, ngapain yak kok dia semangat kesana? Kan dia terakhir kesana pas umur 1,5 tahun. Disana juga nggak ada sodara yang sepantaran. Ternyata ada lanjutannya:
pak, ayo ke Lumajang. Selak tutup”
“Lho kok tutup? Emang Lumajang itu apa?”
Ya tempat yang ada perosotannya, renangnya”
“ Lha bukan zie. Lumajang itu nama kota. Rumah sodara”
“ Bukan. Tempat main. Kan ini hari sabtu. Hari sabtu kan kita maen, renang”
Ahahahahahahh…sakno nak. Kamu hidup dalam ilusi indah. Hauhahah.

Di jalan, macet di ranuyoso. Kami bertiga tidur (anak-anak ini begitu mobil jalan biasanya langsung merem, terutama Kanzie). Saya yang bertekad nggak tidur nemenin suami, ya nggak tahan merem. Eheheh. Nyampe Lumajang sore. Keliling ke rumah sodara, liat sawah, santai santai.
19 Juli
Paginya habis sarapan, kita berangkat pulang. Mampir di rumah temennya dhio dan rumah kakak ipar. Habis itu cus ke Malang. Di pasuruan si mbarep kebangun, ngrengek. Suruh tidur lagi, ya bablas lagi dia. Hahah…Abis itu mampir ke sarinah, silahturahmi sama colonel sanders. Lama nggak ketemu si kakek, kasian J. Makan lahap berempat, trus pulang. Nyampe rumah sore. Leyeh-leyeh, mandiin bocah. Rencananya, abis magrib lanjut rumah pakde. Ternyata, duo krucil masih lanjut tidur, padahal di mobil tidur terus mereka. Capek ya nak? Ya wis, Bapak Ibuknya santai ngopi sambil bongkar baju dan masukin cucian *dadah dadah ke calon setrikaan*

20 Juli dst
Acaranya keliling rumah sodara, yang belum sempet ketemu pas lebaran. Cuma ya nggak bisa semua, karena duo jagoan ini tetep kudu teratur makan dan tidur, biar nggak drop badan. Mungkin karena capek tiap hari keluar rumah, si mbarep protes
“Buk, kenapa kok kita tiap hari ke rumah sodara-sodara? Aku cuapeeekkk. Aku besok mau di rumah aja. Aku nggak mau ke sodara-sodara”.
Hahahaha…meski dijelasin biar kanzie ketemu sodara kan seneng bla bla.. namanya bocah ya mikirnya pengen di rumah main dan leyeh leyeh .
Pas hari pertama ngantor, untungnya cuma halal bihalal aja. Jadi, kita berempat ke rumah mbah nem dan emak tutik di tumpang. Si Emak ketemu Dirga bak ketemu cucu sendiri, diciumin, dibawain kue, dipangku. Pulangnya mau ikut, tapi ntar Jumat mau balik kupatan. Tergoda sih, kalo ada emak kan besok dan jumat aku dan suami nggak perlu gantian ijin kantor. Tapi, kapan lagi beliau ngumpul ama sodaranya? Dan keliatan capek pula. Ya sudahlah… udah ijin atasan juga. Tetep nggak kami bolehin ikut, biar liburan dulu.
Hari kamis, suami masuk, saya yang ijin. Sorenya, kami ngajak duo bocah beli sepeda. Dari awal sudah diwanti-wanti, nggak boleh milih sendiri. Takutnya kayak pas beli sepeda itu, mending kalo warnanya aja yang jelek. Ini kualitasnya jelek juga. Hanya karena dia lagi pengen warna ijo. Nah, karena sekarang Kanzie lagi suka superhero dan warna merah, kita udah wanti-wanti kalo beli sepeda bukan karena warna atau gambarnya, tapi milih yang bagus, biar nggak gampang rusak kayak sepeda ijo. Akhirnya milih sepeda biru kuning yang keren. Sip nak. Tambah pinter ya sepedaannya. Si adek dibelin sepeda bebek. Yang mana dia udah bisa ngayuh, tapi males. Hihiiii




Jumatnya, giliran suami yang di rumah. Berangkat kantor, anak-anak masih belum mandi dan sarapan karena masih pada tidur. Habis magrib kita nonton sirkus. Si Kanzie seneng banget, karena dia seneng hewan kan. Tapi mengecewakan. Mending ke TSI lah. Pertunjukan harimau cuma 4 menit, itupun harimaunya cuma 1 yang tampil. Gajahnya juga cuma 10 menit. Tapi alhamdulilah para bocah seneng-seneng aja. Si adek bolak balik bilang gajahe limo. Ahahahah


Akhir minggu, hari Sabtu dipake seharian mbabu. Saya masak, beresin rumah, setrika 2 keranjang, jemur, dan cuci piring. Suami cuci mobil, 2 motor, mandiin para bocah, nyapu, ngepel. Anak-anak bikin ruwet. Yang mencet air galon, lempar tomat, lempar aqua gelas, nyiramin jemuran yang udah mulai kering, nyemprot air ke dalam rumah, numpahin air minum di meja trus minumnya nyruput dari meja, numpahin teh di lantai trus buat raupin muka, belum lagi kalo berantem trus saling teriak dan nangis. Huahha…Ruwet, tapi hepi sekali sama mereka ini. Meski kadang berantem-nangis-baikanlagi-pelukan-berantem lagi. Meski pas kejadian sungguh bikin emosi, tapi seneng liat kehebohan mereka. Tetap ceria ya jagoans. Malamnya, ke rumah sepupu. Anak-anak hepi, karena banyak temen main. Ibuknya juga hepi karena guyon ngakak ingat jaman dulu di rumah Abah dan Emak. Sampe jam setengah 10, para bocah masih krasan sulit diajakin pulang.  
Hari minggu ultahnya Bapak mertua, makan di luar. Si Kodir lucu, di meja sebelah ada ibu-ibu ngumpul. Jumlahnya 9 orang kira-kira. Dirga malah nimbrung, salim sama ibu-ibu, trus diajakin foto, habis itu makan kue dan ngobrol! Hahahha… Kita bengong aja ditinggal dirga cari temen. Pulang, Emak dating. Alhamdulilah kita berempat tidur siang dengan damai tanpa mikir setrikaan. Malam ke Otet dan Kung Fakih, jam setengah 8 udah di rumah kruntelan lagi. Tapi tidur jam 11, gara gara Dirga gangguin kakaknya. Fiuh, dan dengan teriakan para bocah. berakhirlah libur panjang kitaa….
Sehat sehat terus ya Nak.. lebaran tahun depan lebih seru yaaa :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar