6.8.15

Pertanyaan tentang Tuhan




Kanzie, 4 tahun, sudah mulai bertanya-tanya tentang Allah SWT. Sudah mulai penasaran. Pertanyaannya macam macam, mulai dari yang standar seperti….
-          Pak, Allah sama superman paling kuat mana?
-          Allah itu dimana? bisa ngeliat kita ya?
-          (pas liat film Lego,ada tokoh yg bisa ngeliat semua orang dari atas) “itu ya Allah?"
-          Buk, kalo kita di Lumajang atau di Jakarta, Allah bisa ngeliat kita?

Sampai yang mungkin agak “nggak sopan” seperti…
-          Kalo Allah marah ya aku nanti sembunyi tinggi ke Bulan sampe Allah nyariin, trus bilang lho, mana Azie kok nggak ada? Mana ya? Gitu..
-          Allah sama Hulk kuat mana?
Ya Allah lah zie. Allah kan yang nyiptain kita semua. Nyiptain Kanzie, Ibuk, Hulk dll…
Enggak, kuat Hulk! Ntar Allah dithes..thes..kalah wis Allah.
     Tapi kami nggak marah meski dia bilang gini. Karena ya, Kanzie kan masih belum tau. Belum ngeh. Tugas kami meluruskan dan menjelaskannya.

      Ada juga yang konyol seperti…
-          (di TV ada ustad pake jubah dan surban putih,berjenggot,lagi di depan masjid besar) Buk,itu siapa?
ustad zie,yg ngajar ngaji,atau kayak yg ngimami kalo kmu Jumatan
*wajah nggak puas*
kenapa?kamu kira siapa?
itu bukan Allah ya? bukan ya?

Sejauh ini, pertanyaan tentang Allah SWT ini lah yang bikin orang tuanya agak panik. Dan saya liat Kanzie juga masih penasaran sebenernya Allah ini bagaimana. Dia tahu, kalo sholat biar dapat pahala, biar disayang Allah. Nggak boleh mukul dll ntar nggak disayang Allah. Malah kalo adiknya mukul dia, Kanzie spontan marahin “Nggak boleh dik, nanti nggak disayang Alloh loh!”
Cuma sepetinya dia masih nggak puas dengan jawaban kami dan masih ada yang mengganjal. Penasaran dengan bentuk Allah, Alloh dimana dll. Alhamdulilah, di Facebook bertebaran jawaban yang baik untuk pertanyaan tentang ini. Tapi, saya baca emang masih belum pas untuk seusia dia. Contohnya ketika ada pertanyaan “Allah itu dimana? Di situ dijelaskan kita lebih baik menjawab dengan: Nak, Allah itu bersemayam di Arasy. Allah dekat dengan kita. Allah itu selalu meliputi hati setiap orang yang saleh, termasuk di hati kamu, Sayang. Jadi, kekuasaan Allah selalu ada bersamamu di mana pun kamu berada. Menurut kami, sepertinya kurang sesuai untuk seusia Kanzie. Nanti kalo dia sudah lumayan memahami, jawaban itu pasti pas. Jadi pelan-pelan kami jawab selain sesuai jawaban yang benar juga yang sesuai usianya. Bismilah ya Nak…. Bapak Ibuk senang dapat pertanyaan ini dari kamu. Sekali lagi, kamu buat Bapak Ibuk belajar lagi dan lagi.

PS:ini ada dua link yang bagus untuk referensi jawaban ini, dan ini

2 komentar:

  1. hahahah yang dithes itu beneran anak kecil banget ya, polos dan jujur banget. Tapi aku yakin sih anak anak yang saat ngomong begitu gak dimarahin malah nantinya bisa mengenal Tuhan dengan lebih nyata, karena dia akan kenal sesuai umur dan perkembangannya ya

    BalasHapus
  2. aaak...mba Sondang komen disiiniii yihiii *maap norak, hahha*.
    iya betul ya, amin amiiiin.

    BalasHapus