21.11.12

Bond untuk Balita??



Pas jaman smp, saya dan temen-temen lagi hobi-hobinya nongkrong dan nonton di Plaza dieng yang waktu itu tampak keren dan gawol sekali. Jadi tiap hari minggu, setelah eskul, kita barengan rame-rame berdelapan/bersepuluh nonton. Yang saya inget betul, pas kelas 3 SMP, saya bareng banyak temen cewek nonton entah film apa lupa. Dan yang saya inget, temen saya, Fitri waktu itu bilang:
“ eh, temenin aku di luar ya nunggu ekstra filmnya selesai. Sama Papaku, aku boleh nonton, tapi nggak boleh nonton extra (extra itu maskudnya iklan film lain yang emng suka ada film dewasa yang ada adegan hotnya)”.
Waktu itu sih, agak sebel karena ya kan extranya banyak film bagusnya. Siapa tau bisa jadi referensi nonton minggu depan.

Tapi sekarang… teringat kalimat temen saya itu..
Saya kagum sama temen saya karena pegang teguh pesen Papanya. Dan saya kagum sama Papanya karena percaya anaknya untuk nonton film, dan percaya bahwa anaknya bakal nurut apa yang dia bilang meski beliau nggak mengawasi. Dan kagum, meski kita udah 13 tahun waktu itu, tapi beliau tetap memberi batasan ke anaknya.
Lalu ngeliat anak-anak yang masih SD bahkan TK dan balita diajak nonton film James Bond yang bertebaran adegan s*x, kekerasan, senjata, oleh orang tuanya sendiri…
No judging, but…
Yakin kalo di usia mereka menonton itu nggak berdampak apapun??
Mending ngajak bayi sekalian yang nggak ikutan nonton tapi merem sepanjang film.

Batasan usia di film itu dibuat pasti ada maksudnya lho. Bukan sekedar embel-embel, bukan sekedar hiasan dan SEMESTINYA bukan sekedar diabaikan. Meski Bioskop di Indonesia lebih memilih mengabaikan daripada kehilangan pemasukan.

Oalah mboh kah, anak-anakmu dewe. Capek ngomel beginian terus :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar