8.11.12

Ditampar mbah Nem

Kemarin, ketika aku lagi mandiin si bocah sambil cerita-cerita sama mbah nem. mbah Nem ngomong

"pancen lare niku seje-seje nggeh. nggowo karepe dewe-dewe. lha penakan kulo niku larene seng ragil (nomer 6), sakniki operasi. mboten saget ngengek. trus larene nggeh loro terus. padahal mas-mbakyune niku nggeh sehat-sehat. nggeh pancen lare niku dewe-dewe. sing ragil niki padahal nggeh doyan maem, tapi duko kok loro-loroen."
oke, mak jleb.

Saya seriiing mengeluh ke suami, ke Alloh, ke kanzie, kenapa kok kanzie doyannya nasi putih aja. Ada sih beberapa saat dia mau makan sama sayur, ayam, ikan dsb. tapi seriingnya, cuma nasi putih tok. dimasukin ayam, tempe dilepeh. segala cara deh pokoknya ditolak. pokoknya kalo lagi maunya gitu, jumpalitan, bahkan bento-bentoan pun sukses ditolak.
sering saya mengeluh kenapa to Le, kamu tu kok tirakat gitu. ngomel-ngomel apalagi. seriiing.
tapi kemarin ketika mbah Nem bilang gitu, saya maluuuu.

karena....
Kanzie ini termasuk anak yang ngak rewel. Mau diajak kemana aja sama bapak ibuknya hayo aja. Naik mobil, becak, monggo. Naek motor keujanan ayo aja. Riwa-riwi tiap hari dari bayi mulai macet sampe kehujanan, santai aja dia. Diajak takziah malem-malem ke Probolinggo pas bayi, dan langsung pulang pula, ya nggak papa. Habis imunisasi jalan-jalan, santai. Nggak ada yang namanya habis imunisasi rewel. Dan dari bayi pun saya nggak pernah yang begadang sampai bingung nidurin. Rumah berdebu, seprei nggak diganti nggak papa dia. Minum UHT anget, dingin dari kulkas mau-mau aja. Nasi anget, nasi dingin, nasi kemarin malam hajar aja sama kanzie. Tiap sabtu minggu bukannya dibawa rekreasi ke tempat bermain, malah diajak ke pasar belanja sayur, diajak beli kebutuhan bapak -ibuknya, diajak ke mall pun nemenin ibuknya ngopi sama temennya. Yang jelas banyakan kepentingan orang tuanya daripada si kanzie. Dia nyaman-nyaman aja. malah seneng mainan di tempat ngopi, becek-becekan di pasar. Meski masih nenen, dari bayi mau ibuknya maem pedes, maem durian, maem aneh-aneh si kanzie nggak papa. Popok lama nggak diganti karena ibuknya males dan kelupaan, ya nggak papa.
Milestonenya Alhamdulilah selalu text book kalo bapaknya bilang. Merangkak, berdiri, jalan, ngomong, lari  dll ya Alhamdulilah sesuai perkembangan di buku.Meski petakilan nggak bisa diem, kalo dikasih tau ya untungnya nurut nggak pake drama. Selama ini, ditinggal ibuknya kerja nangisnya paling hanya bisa dihitung 5 jari. selebihnya selalu nganterin dengan senyum dan menyambut kedatangan pake teriak heboh. huhuuu.. Alhamdulillah (dan jangan sampe), sakit panas hanya pernah sekali. Selebihnya dan semoga seterusnya sehat-sehat aja.
Mendaftar gini bukan mau songong atau takabur. dan semoga juga nggak jadi jinx yang taunya kanzie sakit ato rewel ato apalah. naudzubillah ya Alloh. Tapi pengen mendaftar betapa enaknya kami jadi orang tua dan betapa egoisnya saya.  pengen mendaftar betapa nggak bersyukurnya saya. Maunya kepentingannya didahulukan daripada si Kanzie. Maunya kanzie nurutin semua mau saya. Maunya kanzie jadi anak yang gampang diatur sesuai keinginan saya. maunya kanzie nggak nyusahin. mau saya..mau saya...titik. hiks..

tapi ngeliat si bocah santai aja. nyaman, fun, hepi...
dan ngeliat betapa mudahnya kanzie meyesuaikan sama kami. betapa kanzie nggak pernah merepotkan kami..
dan betapa saya mudahnya ngomel dan mengeluh "hanya" karena si bocah nggak mau makan masakanku..
dan betapa saya sering membatin iri sama anak lain yang gampang sampai bahkan harus distop makannya...
dan betapa saya secara sadar suka ngebandingin kanzie dengan anak lain dengan kalimat " tuh, kanzie, liat maemnya si X pinter, ayo kamu yang pinter kayak si X". padahal saya tau nggak boleh ngebandingin anak dan EMANGNYA ENAK DIBANDINGIN???
dan kemarin merenungi kembali kalimat mbah Nem "pancen lare niku seje-seje nggeh"

langsung meluk Kanzie...
langsung bilang ke suami "bri, tolong ingetin ya kalo aku udah mulai mengeluh dan ngomel, ingetin untung kanzie ini "cuma" picky eater, hal yang lain dia pinter banget. tolong biii.."

maaf yo le, maafin ibukmu yang acak adul ini  :' :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar