14.11.12

Masak memasak



*Postingan ini bakal ibu-ibu banget nget.
Saya itu nol besar dalam hal memasak. NOL BESAR. Dari kecil paling malas kalo disuruh ibuk bantuin masak. Ya paling bagian iris/ngupas/cuci nggak papalah. Tapi nggak mungkin bisa kalo harus nyiapin bahan, trus memproses masak. Jadi sampai gede pun saya cuma pernah masak nasi, indomie, dan menggoreng. Wis itu tok. Dan saya nggak ada keinginan untuk belajar masak. Ngumpulin resep aja ogah.
Nah, ketika saya kerja dan kos di surabaya, temen kos saya nantangin saya untuk masak. Bakal dibantuin dan dibimbing katanya. Wokeh, ngeliat temen-temen kos saya pada pinter masak, saya lumayan terpancing juga. Dan akhirnya jadilah hari bersejarah itu. Mulai belanja di pasar, cuci, potong, meracik, ulek bumbu semua saya yang ngerjain di bawah arahan & tatapan kejam teman saya. Foila, jadilah sop pertama saya (yailah, cuma sop). Beuh, hebohnya jangan ditanya. Setelah difoto, langsung telpon Bapak Ibuk di Malang lapor kalo udah bisa masak. Tak lupa lapor ke pacar (yang sekarang sudah suami) juga, biar mikir nggak salah pilih calon istri. Super lebay, super pede dan gaya tok.
Ternyata bener kata orang, yang sok biasanya nggak tahan lama. Begitu balik Malang, ilmu masak pun babar blas. Ilang tak berbekas. Ya kan ada sang master (ibuk), kenapa harus menyulitkan diri sendiri kan? Hihi… Jadi ya akhirnya terabaikan proses belajar masak yang bahkan seprdelapan aja belum dikuasai. Begitu nikah, 6 bulan pertama kami lewatkan nomaden. Jadi ya nggak masak sama sekali. Nah begitu menempati rumah berdua, mulai agak bingung. Tapi ternyata deket rumah ada yang jual masakan matang, orangnya bersih, masakannya enak, nggak begitu mahal pula. Dua puluh ribu cukup untuk sarapan dan makan malam berdua. Yang akhirnya pembenaran bagi saya untuk “ngapain sih masak, beli ajalah. lebih hemat tenaga & waktu lagi”.  Lama-lama mulai agak bosen sih, tapi kemudian saya hamil yang trisemester pertama saya habiskan dengan mual muntah. Sampai melahirkan, punya seorang bayi yang menguras tenaga. Sempat punya ART yang bisa masak. Ya sudahlah pasrah ke ART. Setelah nggak punya ART, riweh dengan si kanzie, pulang kerja pun memilih kruwelan sama kanzie daripada di dapur, mulailah catering lagi ke Ibu Tyas. Jadi saya cuma masak buat kanzie.  Berlangsung beberapa bulan sampai suatu saat suami bilang:


Bi, kok aku bosen ya masakannya bu Tyas”


Dengan kata lain


Masako jo..bojo!!!


Doeng.doeng…. tertohoklah saya. Akhirnya sebagai istri yang rajin teliti rapi, saya mulai lagi memasak. Mengumpulkan resep di kala nganggur di kantor. Akhirnya sekarang malah menemukan “ritme” yang enak untuk masak. 

1. Buat menu mingguan
Hari jumat saya buat jadwal untuk seminggu. Dari makan pagi sampai makan malam. Menunya terdiri dari lauk dan sayur. Biasanya sarapan menu beda, siang& malam menunya sama. Yang makan siang di rumah sih biasanya ya cuma saya, mbah nem dan kanzie. Menu ini saya tempel di kulkas, biar nggak lupa.
Contoh menunya:

Tanggal
senin
selasa
rabu
pagi
Omelet nasi
Bayam& tempe penyet
Nasgor teri medan
siang
Capjay
tumis brokoli ayam
cah k.panjang+jagung pipil

 Jamur crispy
ati goreng
udang tepung
malam
Idem siang
Idem siang

cah k.panjang+jagung pipil &  Lele suwir tepung

2. Catatan belanja
Setelah buat menu, saya catet apa aja yang perlu dibeli. Mana yang bisa dibeli di pasar, mana yang di supermarket, mana yang di tukang sayur keliling. Saya belanjanya juga seminggu sekali. Kecuali tempe ya, itu ndadak nitip beliin mbah Nem.
3. Potong-kupas-simpan.
Belanja dilakukan weekend. Setelah saya belanja, biasanya pas Kanzie lagi tidur atau maen sama Bapaknya, saya nggluthek di dapur. Sayur saya kupas, potong, petik. Tanpa dicuci, biar awet. Daging juga saya bekukan. Atau kalo misal lagi buat empal ato nugget atau ayam ukep ya di weekend ini. Masak sampai kayak mbok-mbok, tapi sewaktu-waktu tinggal di deforst dan digoreng. Praktis. Nggak lupa juga ngupas duo bawang, simpan di tupperware. Kalau butuh tinggal ambil. Untuk sayur, biasanya saya sendirikan tiap jenis masakan. Misalnya sop, ya wortel, buncis, brongkol udah saya kupas potong tanpa dicuci, saya sendiriin di satu wadah. Begitupun bayam/kangkung/sawi. Sudah saya petik, dan saya simpan di wadah tertutup. Ternyata cara ini berhasil membuat sayuran lebih awet dan yang penting nggak ribet kalo mau masak. Thanks to tupperware. Jadi ngak papa kan aku beli tupperware lagi suami? Hihi…  
Kenapa kok nggak ngedadak aja nyiapin bahannya biar fresh? Jawabannya karena nggak sempat. Cieh sok sibuk. Tapi daripada saya pagi hari ribet, mending di hari Sabtunya saya nyiapin untuk masak seminggu. Jadi di hari kerja tinggal nyiapin bumbu, cemplung-cemplung bahan yang udah siap. Lagian, tukang sayur lewat depan rumah jam setengah 8. Ngok aja kalo itu..
4. Waktu memasak
karena takut kesiangan , saya memilih untuk menyiapkan bumbunya malam hari. Mencacah bawang, ato nyiapin bumbu yang dihaluskan ya malam. Jadi pagi bangun tinggal cemplung, tumis, goreng. Lumayan menghemat waktu. Dan yang jelas nggak bikin panik ketika bangun kesiangan, belum masak eh kanzie minta nenen nggak mau ditinggal.
5. Rajin googling
Suami reqeuest ayak koloke/ayam mentega, tinggal googling cari resep yang paling mudah dipahami dan dipratekkan. Saya paling menghindari blog-blog resep yang bahannya aja udah bikin puyeng. Misal basil, jeruk lemon, daun minta ato apalah. Trus masaknya di microwave dsb. Lebih doyan blog resep yang membumi, yang gampil dipraktekkin, nggak ribet masaknya, tau-tau jadi masakan ala chef.

Dan keribetan itu terbayar ketika suami, sang lelaki pelit pujian, si lempeng.com dan si picky eater sejati bilang ketka makan tahu telor perdana saya:
“ bi, lebih enak ini daripada tahu telor jl. sulawesi. Ini sama enaknya sama yang di jl. mawar”
Atau ketika dateng ke nikahan temennya, dan dia ngambil sop merah trus ngomong:
“ bi, nih coba sopnya. Jauh lebih enak bikinanmu daripada ini”

Oh suamiii…cinta aku padamuu. Soalnya intensitas sang suami ini memuji sama seringnya dengan janji kampanye yang terealisasi. Yang artinya jaraaaaang banget. Jadi sekali memuji yah, sitimewa rasanya. Hahaa.. .

Dan rasanya saya udah jadi Ibu ibu banget ketika habis masak balado telor, masih ada sisa bumbu, trus bikin nasgor buat paginya dari sisa bumbu karena eman. Ish..ibuibu banget. Ga mau rugi. Hahahaa..













Tidak ada komentar:

Posting Komentar