23.11.12

Ketemu idola



Seperti yang pernah saya ceritain di sini, ustad idola saya sekarang adalah Yusuf Mansyur. Nah, tadi pagi kebetulan di kantor mengundang beliau untuk mengisi peringatan tahun Baru Islam 1434 H. Whua, bersemangatlah saya dan teman-teman menyaksikan beliau dari dekat.
Pertama beliau muncul, yah emang bener bersahaja ya orang ini. Cuma pakai kemeja polos, kopyah hitam biasa. Masih jauh lebih keren jamaahnya malah. Sampai saya bilang ke temen saya:

“ penampilannya kayak orang-orang di mushola ya”


Hihi…maksud saya, penampilannya cenderung biasa banget untuk ukuran seorang Yusuf Mansur. Coba deh bandingin sama ustad lain yang pakai baju koko model V-neck, motif rame, atau pake warna pink orange. Lha,kok jadi nyela ya saya? Haha..
Ya intinya gitulah, saya suka sih. Beliau nggak pake jubah, surban, baju koko, gamis atau atribut yang “berat” yang menegaskan keustadannya. Jadi kita *kita???. eh, oke saya* nggak jiper duluan liat dia.
Kalo soal ceramahnya nggak usah ditanya lah ya. Kalo biasa liat di ANTV pasti tau bahwa isi ceramahnya selalu simpel, tapi mengena. Sederhana, yang harusnya mudah dilakukan tapi ternyata jarang dilakukan. Logis, dan bermutu. Dan entah kenapa memang saya perhatiin beliau nggak pernah dikit-dikit ngutip ayat apalagi dilaguin sampai lama *tuh kan nyela lagi* . Iya sih, ngutip ayat, cuma memang nggak sering dan nggak pake dilagu-laguin. Ya sewajarnya aja.
Tadi ceramahnya membahas tentang betapa mulianya kedudukan orang yang sedang menuntut ilmu. Bahwa orang yang sedang menuntut ilmu, doanya akan diijabahi dst. Bahwa meski kita sedang menuntut ilmu,bekerja dsb, hendaknya ketika Yang Punya Segalanya “memanggil” kita untuk solat, segerakan. Wong ibaratnya ketika SBY dateng, pasti semua aktivitas berhenti, saat itu juga akan disambut. Lha mosok Yang Punya Ilmu malah disuruh nunggu? Yah, mengena banget ustad. Simpel, tapi jaraaaaaaaaaaang kalo bisa dibilang nggak pernah saya lakuin. Begitupun tadi juga sempat membahas kalau punya masalah, punya keinginan, mengadu dan minta sama Alloh SWT. Doa, solawat, solat tepat waktu, sedekah, solat sunah (dhuha, tahajjud dsb). Kalo kata beliau sama kayak lagu Bimbo ya


“Jarak kamu ke Alloh, sejauh jarak kamu menjarakkan diri ke Alloh”

Oke ustad, waktu saya dengerin manggut-mangut karena (seharusnya) ini mudah dan sangat masuk akal. Tapi kita lihat prakteknya. Hehe.. Disela-sela ceramahnya juga ada selipan humor. Sederhana, tapi lucu nggak pakai menghina fisik, nggak pakai gerakan tubuh heboh, nggak pake lelucon kasar. Diikit, tapi kena.
Dan di penutupnya, ada satu kalimat yang saya suka, di antara pesan-pesannya yang lain beliau juga berpesan yaitu..

… jangan abaikan hak yang beragama lain…


Ah, ustad… semoga ustad panjang umur, jadi ngambil Doktor di Malang, sehat dan pliiisss.. plis jangan 3P ya. Poligami Politik dan Presiden. Pliis..itu sudah jatahnya Rhoma Irama :D






Tidak ada komentar:

Posting Komentar