4.9.12

Milestone



Nulis milestone anak di blog sendiri itu gak papa kan ya? Biar bisa dibaca-baca  lagi maksudnya. Dimana lagi bisa ngomongin “anakku udah bisa ini itu” kalo gak di sini.  Jadi di usia 17 bulan ini kanzie sudah:

  • Bisa menyebutkan nama binatang (kalo ini sih udah dari 15 bulan kayaknya). Meski nama binatang cuma akhirannya, tapi lumayan lancarlah. Jerapah, kuda, panda, singa, domba, gajah, onta, kupu, ikan (itan), ayam (amam), bebek (bebuk). Kelinci, sapi kucing, kadal, beruang, babi, burung, zebra, monyet, sigung, kanguru, anjing dan yng lain sih udah tau, dan udah bisa nunjuk gambarnya dengan tepat, tapi belum bisa ngomong :D. Entah kenapa, kalau akhiran “I” masih sulit bagi kanzie. Emang gitu nggak sih?
  • Bisa niruin suara kuda, sapi, singa. Terlucu adalah kalau ditanyain gimana suara babi, dia langsung mengeluarkan suara grrokk. Gemessss….
  • Bisa menyebutkan dan menunjuk anggota tubuh: Telinga, mata, hidung, mulut, penis, udel, rambut, pipi, dahi, gigi.
    mau sikat gigiii

    solat sama Bapak
  • Ngomongnya udah bertambah. Selain bapak, ibuk, mbah, tung (kung), naina (naira), as (mas), ngentut, maem, nen, bau (sambil tutup idung) nggak (FAVORITNYA!!*lap kringet*), sepatu, baju, bola, jatuh, kebentuk, tiba-tiba sudah bisa bilang nyemplung, kerja, enak, obat, kereta, mandi,tas, helm dll. Meski ada beberapa yang cuma akhirannya atau nggak jelas siiih. Hehe…
  • Kalau aku bilang: “satu dua ti  …”
Kanzie: GA.
 empat li..MA, enam tu..(JUH), delapan Sembilan sepu..LUH!
Keliatan sangar ya, udah bisa apal angka. Padahal yang dia  ngafalin tuh GA, MA,JUH dan LUH. Pernah iseng aku ngetes. Satu dua ti..GA. TuJuh Dela..MA! Hoaha….
  • Udah bisa mengangguk dengan semangat ketika menyatakan ya. Udah bisa nendang bola kencengg, minta maaf dengan cara elus ibuknya, pijit ibuk bapaknya kalo capek, bilang kalo pup dan pipis, udah lebih ngerti tapi juga udah lebih banyaak tingkahnyaa. Udah bisa lari kenceng terutama kalo ada yang buka pagar. Udah ngerti kalo dikasih tau, udah bisa tau klo ibuknya marah. Pernah iseng, pas dia nggak mau maem, aku nagis kenceng sambil bilang ibuk sedihhh.. eh, si bocah ini langsung mewek lebih kenceng, nge puk puk pundakku, sambil ngasihin kue. Hoaha..
  • Perdana nyobain minum yakult. Pertama bergidik karena kecut, trus diem, langsung bilang Enaaaak… Maemnya masih memprihatinkan. Kadang pinter banget mau maem sama nasi, sayur, ikan. Dan jumlahnya nggak nanggung, buanyak. Tapi kadang cuma nasi putih aja, kadang maunya roti atau kentang. Plek kayak bapak ibuknya jaman kecil dulu. Angel banget maemnya. Sayangnya tuanya nggaragas.
  • Dua bulan yang lalu iseng, ngasih kartu bergambar. 10 gambar kuliatin ke kanzie. Kukasih tau nama benda apa. Ada gambar binatang, anggota tubuh, benda sekitar (kayak setrika, mesin cuci, jaket dll). Langsung bisa hafal pas aku tanyain mana jam, mana payung dll. Besokannya kutes lagi. Tetep ngerti. Sampai sekarang udah tau 40 gambar yang ada di kartu itu. Huhu,,aku bangga nak…. Bener kata di buku ya, ingatan anak di usia golden ages itu kayak spons. Menyerap apa aja dengan cepat. Kagum sekaligus ngeri.
  • Sekarang udah pinter sikat gigi sendiri. Tiap mau tidur minta sikat gigi
  • Tiap dibacain buku seneng dan udah hafal isi bukunya. Haha…
  • Udah bisa ngikutin lagu “kalau kau suka hati” sesuai perintah. Tepuk tangan, hentak kaki, dan bilang hore.
  • Udah bisa solat, tiap magrib jamaah bertiga. Meski huakba (Allahuakbar) aja, sama sujudnya di sajadah Bapaknya, atau bocah goler goler di sajadah, riwa riwi, balik solat, buka pintu dll tapi ya sudahlah J
  • Kalau lagi kumat rajinnya, nggak bisa liat barang berantakan. Ada helm, sepatu dikembalikan ke tempat semula atau NYURUH bapak ibuknya masukin ke tempatnya. Tapi juga jago berantakin rak sepatu, kotak mainan, lemari baju, dan rak dapur.
  • Udah bisa bantu kerjaan rumah. Kalau numpahin sesuatu dilap atau dipel sendiri, kalau aku lagu cuci baju, bantu masukin atau ngeluarin baju dari mesin cuci, bantu ngasih makan ikan, nyapu, ngelap meja atau kaca, beres-beres. Apa daya, no ART, anak diberdayakan. Ehehee..
  • Kalau dulu udah bisa dimintain tolong ambilin barang, sekarang kalau dimintain tolong malah mogok di tengah jalan. Misal “ kanzie, tolong ambilin tissue”. Dia jalan ke arah kotak tissue, seakan-akan mau ngambil, trus beralih ke mainan. Dasar!
  • Paling benci kalau ketemu orang trus orangnya heboh ngegemesin. Pasti langsung teriak nggak..nggak dengan judesnya. Tapi kalau orangnya cuek, malah penasaran, dan ngajak main. Hmm, niru siapa ya ini. Ibuknya pasti. *Nggokk*
  • Sudah bisa bedain atas bawah, mulai lancar membedakan kanan kiri dan besar kecil (meski sering kebolak balik juga).
  • Cuma yang masih peer adalah mbok-mbokannya. Kalau di rumah nggak bisa nggak deket ibuknya. Aku mandi, ke dapur udah mewek. Kalau di mall nggak mau gendong bapaknya. Bapaknya ngrangkul ibuknya sama jalan aja tangannya langsung disingkirin. Hadooooh…Padahal, kalau aku ngak ada ya santai aja main sama bapaknya, gendong, kelon, main bola. Kalau aku pamitin pagi berangkat kerja ya nggak nangis. Santai aja sama mbah nem, senyum senyum, salim, dadah dadah. Herannya begitu aku datang langsung minta gendong, nen sampai tidur maunya nempel. Apa mungkin kompensasi kutinggal kerja. Ya gapapa juga sih, Alhamdulilah masih nemepel sama ibuknya. Tapi ya mosok aku mandi aja nungguin di depan pintu kamar mandi sambil pura-pura ngeden bilang egk..ek.. (karena bapaknya bilang ibuknya pup). Yassalaamm..

Intinya, tetep sehat ya nak, hepi, pinter dan banyak maemnya. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar